Suaraperjuangan.co.id|Kualanamu, 18 Desember 2025 – PT Angkasa Pura Aviasi resmi mengoperasikan Posko Terpadu
Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru 2025/2026) di Bandara Internasional
Kualanamu yang berlangsung mulai 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026. Pembentukan
posko ini bertujuan untuk
" memastikan kelancaran operasional bandara serta menjamin aspek
keamanan, keselamatan, dan kenyamanan bagi seluruh pengguna jasa selama periode libur
akhir tahun.
Pada periode Posko Nataru 2025/2026, Bandara Internasional Kualanamu memproyeksikan
pertumbuhan pergerakan pesawat udara sebesar 3% dibandingkan periode Nataru tahun
sebelumnya (2024/2025).
" Peningkatan ini mencerminkan tingginya mobilitas masyarakat serta
kepercayaan publik terhadap layanan transportasi udara.
Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-2 Natal, yaitu 23 Desember 2025, dengan
pergerakan penumpang mencapai 27.100 penumpang (pax). Sementara itu, puncak arus balik .
"diprediksi akan terjadi pada 4 Januari 2026, dengan pergerakan penumpang mencapai 28.705
pax.
Dalam mendukung kelancaran pergerakan penumpang, PT Angkasa Pura Aviasi memastikan
ketersediaan transportasi lanjutan yang memadai, meliputi transportasi darat, Kereta Api .
"Bandara (Railink), taksi konvensional, taksi online, serta layanan bus.
Selain itu, kesiapan personel internal dan eksternal juga menjadi fokus utama selama periode
posko. Personel tersebut meliputi petugas operasional bandara, keamanan, maskapai
penerbangan, ground handling, AirNav Indonesia, TNI/Polri, Balai Karantina Kesehatan (BKK),
"Bea dan Cukai, Imigrasi, serta seluruh instansi terkait yang tergabung dalam Posko Terpadu
Nataru 2025/2026.
Berdasarkan data per 15 Desember 2025, tercatat permohonan extra flight sebanyak 108
penerbangan yang akan dilayani oleh sejumlah maskapai, yaitu Singapore Airlines, Citilink,
Garuda Indonesia, Lion Air, dan Wings Air, guna mengantisipasi lonjakan penumpang selama
periode libur Natal dan Tahun Baru.
"Plt Director Operation & Services PT Angkasa Pura Aviasi, Nugroho Jati, menyampaikan bahwa
seluruh aspek operasional telah dipersiapkan secara matang.
“Apel kesiapan ini merupakan wujud komitmen seluruh komunitas Bandara Internasional Kualanamu
"untuk memastikan kesiapan personel, fasilitas, dan prosedur operasional dalam menghadapi peningkatan pergerakan penumpang pada periode Natal 2025 dan Tahun Baru 2026.
Selama Posko Nataru yang berlangsung 18 Desember hingga 4 Januari 2026, kami berfokus memberikan pelayanan terbaik.
" dengan semangat Melayani Dengan Sepenuh Hati, didukung koordinasi yang solid, komunikasi yang cepat, serta disiplin operasional yang tinggi.”ujar Nugroho Jati.
Lebih lanjut, Nugroho Jati menegaskan bahwa pelayanan prima kepada pengguna jasa menjadi prioritas utama perusahaan.
( RD )

إرسال تعليق