Hadapi Libur Nataru 2025/2026, PT Angkasa Pura Aviasi Pastikan Kesiapan Layanan


Suaraperjuangan.co.id|Kualanamu, 18 Desember 2025 – PT Angkasa Pura Aviasi resmi mengoperasikan Posko Terpadu 

Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru 2025/2026) di Bandara Internasional 

Kualanamu yang berlangsung mulai 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026. Pembentukan 

posko ini bertujuan untuk


"  memastikan kelancaran operasional bandara serta menjamin aspek 

keamanan, keselamatan, dan kenyamanan bagi seluruh pengguna jasa selama periode libur 

akhir tahun.

Pada periode Posko Nataru 2025/2026, Bandara Internasional Kualanamu memproyeksikan 

pertumbuhan pergerakan pesawat udara sebesar 3% dibandingkan periode Nataru tahun 

sebelumnya (2024/2025).


" Peningkatan ini mencerminkan tingginya mobilitas masyarakat serta 

kepercayaan publik terhadap layanan transportasi udara.

Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-2 Natal, yaitu 23 Desember 2025, dengan 

pergerakan penumpang mencapai 27.100 penumpang (pax). Sementara itu, puncak arus balik .


"diprediksi akan terjadi pada 4 Januari 2026, dengan pergerakan penumpang mencapai 28.705 

pax.

Dalam mendukung kelancaran pergerakan penumpang, PT Angkasa Pura Aviasi memastikan 

ketersediaan transportasi lanjutan yang memadai, meliputi transportasi darat, Kereta Api .


"Bandara (Railink), taksi konvensional, taksi online, serta layanan bus.

Selain itu, kesiapan personel internal dan eksternal juga menjadi fokus utama selama periode 

posko. Personel tersebut meliputi petugas operasional bandara, keamanan, maskapai 

penerbangan, ground handling, AirNav Indonesia, TNI/Polri, Balai Karantina Kesehatan (BKK),


"Bea dan Cukai, Imigrasi, serta seluruh instansi terkait yang tergabung dalam Posko Terpadu 

Nataru 2025/2026.

Berdasarkan data per 15 Desember 2025, tercatat permohonan extra flight sebanyak 108 

penerbangan yang akan dilayani oleh sejumlah maskapai, yaitu Singapore Airlines, Citilink, 

Garuda Indonesia, Lion Air, dan Wings Air, guna mengantisipasi lonjakan penumpang selama 

periode libur Natal dan Tahun Baru.


"Plt Director Operation & Services PT Angkasa Pura Aviasi, Nugroho Jati, menyampaikan bahwa 

seluruh aspek operasional telah dipersiapkan secara matang.

“Apel kesiapan ini merupakan wujud komitmen seluruh komunitas Bandara Internasional Kualanamu 


"untuk memastikan kesiapan personel, fasilitas, dan prosedur operasional dalam menghadapi peningkatan pergerakan penumpang pada periode Natal 2025 dan Tahun Baru 2026. 

Selama Posko Nataru yang berlangsung 18 Desember hingga 4 Januari 2026, kami berfokus memberikan pelayanan terbaik.

" dengan semangat Melayani Dengan Sepenuh Hati, didukung koordinasi yang solid, komunikasi yang cepat, serta disiplin operasional yang tinggi.”ujar Nugroho Jati.

Lebih lanjut, Nugroho Jati menegaskan bahwa pelayanan prima kepada pengguna jasa menjadi prioritas utama perusahaan.  

( RD )

Post a Comment

أحدث أقدم